Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘belanja’ Category

Apa binatang yang paling dibenci  sekaligus ditakuti sama  Ibu ?

Saat ini adalah yang bernama Nyamuk.

Teriakan , “ Tutup Pintu ! Ntar masuk nyamuk nih !”

Atau

“Tuh kan, ada satu nyamuk di kamar, gitu sih Adek , pintunya dibiarin terbuka sih “

 

Nyamuk yang kecil , kurus dan berdenging melulu ..

 

Ntahlah mungkin karena kulit Ibu sangat sensitive  (istilah orang awam Ibu ini berdarah manis)   sehingga sedikit gigitan nyamuk mampu membuat korengan sebesar uang logam lima ratusan

Selain itu telinga Ibu  selalu mampu mendeteksi bunyi seekor nyamuk walaupun dalam keadaan terlelap, sehingga Ibu pasti akan terbangun.

Apesnya lagi  , kulit Ibu ini  sensitive dengan segala lotion oles anti nyamuk.  Menggunakannya membuat Nyamuk tidak mendekat namun kulit Ibu pasti jadi berbentol,   gatal dan panas akibatnya pemakaian dalam waktu lama akan membuatnya seperti melepuh.

Dan ..

Paru – paru Ibu juga tidak kuat dengan obat nyamuk bakar  …..Eh dulu kuat sih .. tapi seingat Ibu  begitu kuliah (umur 19 tahun), Ibu  sering menjadi sesak nafas jika berada di ruangan yang penuh asap obat nyamuk bakar.

Pernah juga mencoba menggunakan sejenis pembasmi nyamuk yang matic (ituloh yang dicolokin ke listrik sepanjang malam).  Akibat penggunaan yang agak lama , Ibu pasti jadi batuk kering.

 

Belakangan diketahui bahwa yang dampaknya tidak terlalu berat adalah menggunakan pembasmi nyamuk dalam bentuk cairan ….  Hanya saja harus ada strateginya , minimal kamar sudah disemprot 1  –  2  jam sebelum digunakan.     Kalau kurang dari waktu tersebut, maka Ibu bakal jadi pilek karena menghirup aromanya.

Jadi  tiap jam 6 sore diusahakan kamar sudah disemprot untuk dipakai tidur jam 9 .. maksudnya agar  aroma obat penyemprot telah menguap  … hanya saja hal tersebut menjadi sia sia karena begitu malam Ibu pulang kerja, maka Sigit dan Ira pasti ikut lalu lalang keluar masuk  kamar dengan pintu yang bolak balik dibuka tutup dan akhirnya terbuka terus … atau kalaupun tidak terjadi insiden bolak balik .. maka ternyata si nyamuk itu pada jam 2 malam hidup lagi !!

 

Pernahkah kalian sadari bahwa jika nyamuk yang rubuh akibat sempratan nyamuk ,ternyata jarang yang mati langsung ??? Jika diperhatikan yang mati adalah yang tepat kena sasaran gas obat penyemprot .. selebihnya hanya pingsan karena mencium aroma gas penyemprot … dan … it’s a hero .. ketika efek aroma itu hilang pastilah dia akan hidup lagi  dan terbang serta siap siap menghisap darah manusia yang sedang lelap tergolek !

 

Hiiii …

Ada yang memberikan saran bahwa sebaiknya per tiga bulan, merek penyemprot nyamuk harus ditukar, mengingat penggunaan dalam waktu lama, membuat si Nyamuk menjadi imun alias kebal.    Tidak tau deh bagaimana kebenarannya  …. Yang jelas Ibu mengikuti saran itu .

 gambar : Aneka Pengusir Nyamuk

 

Herannya, Sigit, Ira dan Ayah tidak terlalu terganggu dengan denging nyamuk tersebut, kadangkala di sebelah kalian sudah terkapar nyamuk yang lemas karena kekenyangan  sehingga tidak mampu terbang untuk sementara waktu.

 

Kalau pun sudah terlalu banyak titik gigitan barulah Sigit atau Ira ada reaksinya, mulai agak gelisah dengan menggaruk – garuk di tempat bekas gigitan dan itu dilakukan sambil merem.

 

Kok bisa ya ?

 

Hanya saja Ibu yang melihat kejadian itu merasa iba karena tidur kalian menjadi tidak nyenyak.   Salah satu cara mengusir nyamuk yang paling aman adalah dengan “mengoleskan minyak kemkem”.    Akhh minyak ini memang sakti sekali !

Selain karena aroma ramuan rempah-rempahnya yang tidak disukai nyamuk, titik bekas gigitan nyamuk tidak akan berbekas di kulit, kulit akan   tetap mulus.

 

Ibu tahu tentang khasiat minyak kemkem selaku anti nyamuk herbal adalah ketika berlibur ke  Medan tahun 2008.     Setiap Sigit dan Ira hendak main ke halaman, pasti dibaluri Nenek dengan minyak kemken, tidak hanya di tangan, kaki, wajah bahkan sampai ke belakang telinga dan leher.       Maklumlah halaman rumah Nenek di Medan penuh tanaman yang rimbun sehingga menjadi tempat favorit Nyamuk.   Herannya nyamuk disana tetap berkeliaran baik siang maupun malam, walaupun ada tumbuhan Zodia ataupun Lavender di sana.     Ibu takutkan adalah  salah satu dari mereka adalah Aedes aegypti merupakan nyamuk yang membawa  virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

 

 

Duh .. Nyamuk .. Nyamuk …

Iklan

Read Full Post »

Sop Buah

Dan inilah cerita di hari Kedua, karena jatuh di hari Minggu, dimana Ayah dan Ibu tidak bekerja, maka Ira pun ikut berpetualang di supermarket terdekat.    Lagi – lagi selera mata anak kecil yang dimenangkan, apalagi anak kecil itu sedang berjuang untuk puasa penuh.     Ira memutuskan akan berbuka dengan Sop Buah.   Sempat terkaburkan dengan ide Es Teler dan Es Buah. Sampai –  sampai Ira mempertanyakan apa bedanya .

 

Kata Ibu, itu perbedaan pada  isian  dan di kuahnya.

Nama Isian Buah antara lain : Kuah nya
Sop Buah Apel, Nenas, Buah Naga, Melon,Blewah,  Strawberry, Anggur,  Kolang Kaling

kalau sop buah yang dkt mesjid al Barkah pake tomat

Kalau sop buah yang di dkt pool damri kayu ringin pake pisang ambon

Susu Kental Manis +  Sirup Merah paling mantap kalau sirupnya  merek Sarangsari atau Tjampolay rasa Pisang susu
Es Teler Alpukat , Nangka, Kelapa Muda Susu Kental Manis Putih
Es Buah Pepaya, Nenas, Bengkoang, Nata de Coco Air Gula (kadang pake sirup Leci)

 

Kata Ira kalau es campur ?  Ibu bilang tinggal Adek campurkan saja apa aja didalamnya, yang penting ada Es serut atau Es batu yang dikeprok dan rasanya harus Manis.

 

Sebenarnya Ayah bilang , ngapain repot bikinnya , kan lebih gampang jika beli saja di Abang penjual Sop Buah Cirebon, 7 ribu sudah enak dan bisa buat berdua sebungkus.

 

Baiklah coba kita hitung biaya yang dikeluarkan untuk membuat Sop Buah ala Ibu Titin

No Nama Bahan Quantity Harga Keterangan
1. Apel Fuji 2 buah Rp 8.000 Iris dadu
2. Buah Naga 1 buah Rp 5.000 Iris dadu
3. Pisang Ambon 2 buah Rp 3.000 Iris bulat
4. Lengkeng ¼ kg Rp 5.000 Kupas  dan buang biji hitamnya
5. Nenas 1 buah Rp 5.000 Iris dadu, direbus dengan gula 3 sdm, dipakai

½ bagian saja, sisa setup bisa disimpan di kulkas

6. Kolang kaling ¼ kg Rp 3.000 Direbus dgn gula 3 sdm,

hanya ½ bagian, sisanya simpan kulkas

7. Susu Kental Manis 3 sachet Rp 6.000 Dicukupkan untuk 8 mangkok
8. Es Batu 1 bungkus Rp 500 Tidak sempat bikin jadi beli di warung, airnya dari aqua kok.
9. Gula Pasir ¼ kg Rp 3.000 Untuk membuat air gula. Takaran air dan gula harus 1:1.  Namanya Sirup Gula
10. Sirup Tjampolay 1 botol Rp 18.000 Rasa Pisang Susu
Total biaya Rp 56.500
Jumlah Porsi yang diperoleh :  6 mangkok

(setara dengan biya Rp 42.000 jika membeli ),

Sirup Tjampolay bisa digunakan untuk 30 mangkok saji.

 

Mahal juga  ya ..

Dan sukses menciptakan  dapur berantakan, kehebohan dan terburu – buru  karena membuat Sop buah  harus menunggu Ira bangun dari tidur  siangnya , ketika itu kurang lebih pukul 17.15 .

Hanya saja ada nilai tambah yang tidak diperoleh dengan membeli Sop Buah di Abang Pedagang Sop Buah  yaitu kebersamaan dan kegembiraan.     Ibu dapat merasakan kehebohan Ira mengupas kulit lengkeng dan membuang biji hitamnya.   Melihat Abang Sigit ikut  memotong Nenas menjadi kotak – kotak.   Ayah mengupas apel menggunakan peeler , kebetulan sekali peeler ini sudah setahun Ibu miliki tapi belum pernah dipakai karena Ibu lebih suka menggunakan pisau.

 

Meriah sekali dapur kita , sore itu.

Belum lagi tiba tiba Ayah berteriak seperti Juri di Master Chef Junior,   5 Menit lagi !

Siap tidak siap , pasukan cilik harus mandi, karena akan Adzan Magrib tanda  berbuka puasa akan berkumandang.  

 

Read Full Post »

Older Posts »